Senin, 08 Oktober 2018

SOAL SOAL SKD DAN PEMBAHASANNYA BAGIAN II

Hasil dari SKD digunakan dalam pertimbangan kelulusan Anda ketika akan mendaftar sebagai PNS pada instansi tertentu. Tentu latihan soal, materi, dan bahan-bahan yang menunjang akan menjadi hal yang penting karena akan membantu Anda untuk lulus SKD. Tanpa berpanjang lebar lagi berikut hasil kompilasi soal-soal yang pernah keluar di SKD

Selama tahun 1954-1959 telah terjadi berapa kali pergantian kabinet? 

Jawab:

Kabinet-kabinet tersebut adalah:
  • Kabinet Natsir (Masyumi 1950-1951)
  • Kabinet Sukiman (Masyumi 1951-1952)
  • Kabinet Wilopo (1952-1953)
  • Kabinet Ali Sastroamidjojo I (PNI 1953-1955)
  • Kabinet Burhanuddin Harahap (Masyumi 1955-1956)
  • Kabinet Ali Sastroamidjojo II (1956- 1957)
  • Kabinet Djuanda (Zaken kabinet 1957-1959)
Jatuh bangunnya kabinet pada masa Demokrasi Liberal disebabkan karena adanya konflik antara partai politik. 


Ketentuan-ketentuan DPR dalam UUDS 1950 

Jawab:

Dewan Perwakilan Rakjat 

Pasal 56 
Dewan Perwakilan Rakjat mewakili seluruh Rakyat Indonesia dan terdiri dari sedjumlah Anggauta jang besarnja ditetapkan berdasar atas perhitungan setiap 300.000 djiwa penduduk warga-negara Indonesia mempunjai seorang wakil; ketentuan ini tidak mengurangi jang ditetapkan dalam ajat kedua pasal 58. 

Pasal 57
Anggauta-anggauta Dewan Perwakilan Rakjat dipilih dalam suatu pemilihan umum oleh warganegara Indonesia jang memenuhi sjarat-sjarat dan menurut aturan-aturan jang ditetapkan dengan undang-undang. 

Pasal 58
  1. Golongan-golongan ketjil Tionghoa, Eropah dan Arab akan mempunjai wakil dalam Dewan Perwakilan Rakjat dengan berturut-turut sekurang-kurangnja 9, 6 dan 3 Anggauta.
  2. Djika djumlah-djumlah itu tidak tertjapai dengan pemilihan menurut undang-undang termaksud dalam pasal 57, maka Pemerintah Republik Indonesia mengangkat wakil-wakil tambahan bagi golongan-golongan ketjil itu. Djumlah Anggauta Dewan Perwakilan Rakjat sebagai tersebut dalam pasal 56 ditambah dalam hal itu djika perlu dengan djumlah pengangkatan-pengangkutan itu. 
Pasal 59 
Anggauta-anggauta Dewan Perwakilan Rakjat dipilih untuk masa empat tahun. Mereka meletakkan djabatannja bersama-sama dan sesudahnja dapat dipilih kembali. 

Pasal 60 
Jang boleh mendjadi Anggauta Dewan Perwakilan Rakjat ialah warga-negara jang telah berusia 25 tahun dan bukan orang jang tidak diperkenankan serta dalam atau mendjalankan hak-pilih ataupun orang jang haknja untuk dipilih telah ditjabut. 

OKI 

Jawab:

OKI (Organisasi Konferensi Islam) Organisasi ini didirikan pada tanggal 25 September 1969 berdasarkan Deklarasi Rabat (Maroko) atas prakarsa Raja Hussein II (Maroko) dan Raja Faisal (Arab Saudi). Sekretaris Jenderal OKI berkedudukan di Jeddah (Arab Saudi) 

Latar Belakang Berdirinya OKI
  • Adanya pembakaran Masjid Aqsho oleh Israel
  • Didudukinya wilayah negara-negara Arab oleh Israel sampai akibat perang Arab - Israel tahun 1967.
  • Didudukinya Yerusalem oleh Israel Tujuan Organisasi Konferensi Islam (OKI)
  • Meningkatkan kerja sama dan solidaritas Islam antarnegara anggota OKI
  • Berusaha melenyapkan perbedaan rasial, diskriminasi, dan kolonialisme
  • Mengkoordinasi usaha-usaha untuk melindungi tempat-tempat suci
  • Mendukung dan membantu rakyat Palestine untuk mendapatkan hak dan pembebasan tanah air.
  • Memperteguh semua perjuangan umat Islam 
Deklarasi

Jawab:

Sebuah negara akan mendapatkan pengakuan sebagai negara berdaulat atau merdeka secara penuh, apabila negara itu mampu memenuhi 4 syarat berikut ini, yaitu:
  1. Memiliki wilayah
  2. Memiliki rakyat (artinya semua rakyat mendukung)
  3. Berdaulat dan memiliki lembaga-lembaga negara (yudikatif, legislatif, eksekutif, dan lain-lain)
  4. Mendapatkan pengakuan dari negara lain baik secara de facto (nyata) maupun de jure (hukum). 
Pengertian pengakuan secara de facto 

Pengakuan dari negara lain secara de facto ini pengertiannya adalah pengakuan yang berdasarkan pada kenyataan (faktual) yang ada yang telah memenuhi persyaratan untuk menjadi negara. Misalnya, secara de facto Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. 

Pengertian pengakuan secara de jure 

Kemudian pengertian pengakuan dari negara lain secara de jure adalah pengakuan negara lain terhadap suatu negara menurut hukum internasional. Dengan pengakuan secara de jure, negara yang baru dibentuk atau baru merdeka itu memiliki hak-hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat dalam skala internasional. Pengakuan negara lain secara de jure bangsa Indonesia dimulai sejak 18 Agustus 1945, pada saat disahkannya UUD 1945, terpilihnya presiden dan wakil presiden, serta dilantiknya lembaga legislatif (KNIP) sebelum terbentuknya DPR/MPR. 

Paradigna Nasional

Jawab:

1. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Politik

Manusia Indonesia selaku warga negara harus ditempatkan sebagai subjek atau pelaku politik bukan sekadar objek politik. Pancasila bertolak dari kodrat manusia maka pembangunan politik harus dapat meningkatkan harkat dan martabat manusia. Sistem politik Indonesia yang bertolak dari manusia sebagai subjek harus mampu menempatkan kekuasaan tertinggi pada rakyat. Kekuasaan adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sistem politik Indonesia yang sesuai pancasila sebagai paradigma adalah sistem politik demokrasi bukan otoriter 

2. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Ekonomi 

Sesuai dengan paradigma pancasila dalam pembangunan ekonomi maka sistem dan pembangunan ekonomi berpijak pada nilai moral daripada pancasila. Secara khusus, sistem ekonomi harus mendasarkan pada dasar moralitas ketuhanan (sila I Pancasila) dan kemanusiaan ( sila II Pancasila). Sistem ekonomi yang mendasarkan pada moralitas dam humanistis akan menghasilkan sistem ekonomi yang berperikemanusiaan. 

3. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Sosial Budaya 

Pancasila pada hakikatnya bersifat humanistik karena memang pancasila bertolak dari hakikat dan kedudukan kodrat manusia itu sendiri. Hal ini sebagaimana tertuang dalam sila Kemanusiaan yang adil dan beradab. Oleh karena itu, pembangunan sosial budaya harus mampu meningkatkan harkat dan martabat manusia, yaitu menjadi manusia yang berbudaya dan beradab. 

4. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Pertahanan Keamanan 

Salah satu tujuan bernegara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Hal ini mengandung makna bahwa tugas dan tanggung jawab tidak hanya oleh penyelenggara negara saja, tetapi juga rakyat Indonesia secara keseluruhan. 

5. Pancasila Sebagai Paradigma Reformasi 

Pada saat ini Indonesia tengah berada pada era reformasi yang telah diperjuangkan sejak tahun 1998. ketika gerakan reformasi melanda Indonesia maka seluruh tatanan kehidupan dan praktik politik pada era Orde Baru banyak mengalami keruntuhan. 

Kabinet dengan Masa Jabatan Terlama Pada Masa Soekarno 

Jawab:

Kabinet Wilopo

Masa Pemerintahan Presiden Soekarno
Tahun Dibentuk 1952
Tahun Demisioner 1953
Jumlah Pejabat 18. 

Catatan:
  1. Wilopo digantikan oleh Mukarto pada 29 April 1952
  2. Hamengkubuwono IX mengundurkan diri 2 Juni 1953 dan digantikan oleh Wilopo.
  3. Anwar Tjokroaminoto mengundurkan diri 9 Mei 1953 digantikan oleh Pandji Suroso.
  4. Jabatan Menteri Urusan Pegawai ditiadakan per 11 Mei 1953. Kabinet Ali Sastromijojo I 
Masa Pemerintahan Presiden Soekarno, Tahun Dibentuk 1953, Tahun Demisioner 1955 Jumlah Pejabat 20. Kabinet Ali Sastroamidjojo I, sering disebut Kabinet Ali-Wongso atau Kabinet Ali-Wongso-Arifin, memerintah pada periode 30 Juli 1953 - 12 Agustus 1955. 

Kabinet Djuanda 

Masa Pemerintahan Presiden Soekarno
Tahun Dibentuk 1957
Tahun Demisioner 1959
Jumlah Pejabat 30 

Kabinet Kerja II 

Masa Pemerintahan Presiden Soekarno
Tahun Dibentuk 1960
Tahun Demisioner 1962
Jumlah Pejabat 40 

Kabinet Dwikora 

Masa Pemerintahan Presiden Soekarno
Tahun Dibentuk 1964
Tahun Demisioner 1966
Jumlah Pejabat 107

Kabinet Dwikora I adalah nama kabinet pemerintahan di Indonesia dengan masa kerja dari 27 Agustus 1964-22 Februari 1966. Presiden pada kabinet ini adalah Soekarno

Urutan Suara Terbanyak Partai di Pemilu Pertama 

Jawab:

Pemilu 1955 diikuti oleh 172 tanda gambar terdiri dari Parpol Nasional, Parpol Lokal dan Peserta perseorangan yang memperebutkan 257 kursi parlemen. Partai peraih suara terbanyak adalah
  1. PNI (22,3% Suara; 57 Kursi)
  2. Masyumi (20,9% Suara; 57 Kursi)
  3. Nahdlatul Ulama / NU (18,4% Suara; 45 Kursi)
  4. PKI (16,4% Suara; 39 Kursi)
  5. PSII (2,89% Suara; 8 Kursi)
  6. Parkindo (2,66% Suara; 8 Kursi)
  7. Partai Katolik (2,04% Suara; 6 Kursi)
  8. PSI (1,99% Suara; 5 Kursi)
  9. IPKI (1,43% Suara; 4 Kursi)
  10. Perti (1,28% Suara; 4 Kursi) 
Kabinet Ali Sastro I 

Jawab:

Kabinet Ali Satroamidjojo 1 (Juli 1953- Juli 1955) 

pada tanggal 30 Juli 1953, Presiden mengumumkan pembentukan Kabinet Ali Sastroamidjojo yang kemudian disahkan dengan Keputusan Presiden RI No. 132 Tahun 1953 tertanggal 30 Juli 1953. Pelantikan Ali Sastroamidjojo sebagai Perdana Menteri dilangsungkan di Istana Negara pada tanggal 12 Agustus 1953. 

Program Kerja Kabinet Ali:
  1. Menjaga Keamanan
  2. Menciptakan Kemakmuran dan Kesejahteraan Rakyat
  3. Menyelenggarakan pemilu
  4. Melaksanaan politik bebas-aktif
  5. Menyelesaikan Pertikaian politik 
Kabinet Wilopo (tahun) ?

Jawab:

Terbentuknya Kabinet Wilopo Pada tanggal 1 Maret 1952 Presiden Soekarno menunjuk Sidik Djojosukarto (PNI) dan Prawoto Mangkusasmito (Masyumi) menjadi formatur. Yang diminta oleh Presiden Soekarno kepada formatur ialah sebuah kabinet yang kuat dan mendapat dukungan cukup dari parlemen. Usaha kedua formatur untuk membentuk kabinet yang kuat menemui kagagalan, sebab tidak ada kesepakatan tentang calon – calon yang akan didudukkan di dalam kabinet.

Pada tanggal 19 kedua formatur itu mengembalikan mandatnya dan Presiden Soekarno menunjuk Mr. Wilopo (PNI) sebagi formatur baru. Akhirnya setelah berusaha selama 2 minggu, pada tanggal 30 Maret Mr. Wilopo mengajukan susunan kabinetnya yang terdiri atas : PNI, dan Masyumi masing-masing jatah 4 orang, PSI 2 orang, PKRI (Partai Katholik Republik Indonesia), Parkindo (Partai Kristen Indonesia), Parindra (Partai Indonesia Raya), Partai Buruh, dan PSII masing – masing 1 orang dan golongan tak berpartai 3 orang.

Kabinet ini resmi dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 85 Tahun 1952 tanggal 1 April 1952.4. Atas permintaan sendiri, terhitung tanggal 2 Juni 1952 ia diberhentikan dengan hormat. Dengan Kepres. No. 21 Tahun 1953 tanggal 31 januari 1953. Terhitung 2 Juni 1953 PM ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan a.i. Atas permintaan sendiri, terhitung tanggal 11 Mei 1953 ia diberhentikan dengan hormat dan digantikan oleh Suroso 

Kabinet Sukiman (tahun) ?

Jawab:

Kabinet Sukiman-Suwirjo merupakan kabinet kedua setelah pembubaran RIS. Bertugas pada periode 27 April 1951 - 3 April 1952, kabinet ini sebenarnya telah didemosioner sejak 23 Februari 1952.

Kabinet natsir (tahun) ?

Jawab:

KABINET NATSIR (6 September 1950 - 21 Maret 1951) 

Tugas Presiden pada Pasal 10 ? 

Jawab:

Presiden memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara 

Daerah Istimewa di atur pada Pasal berapa? 

Jawab:

dalam UUD 1945 asli diatur dalam bab VII pasal 18 

Fungsi-fungsi Duta 

Jawab:
  1. Mewakili negara pengirim di dalam negara penerima.
  2. Melindungi kepentingan negara pengirim dan warga negaranya di negara penerima dalam batas-batas yang diizinkan oleh hukum internasional.
  3. Mengadakan persetujuan dengan pemerintah negara penerima.
  4. Memberikan keterangan tentang kondisi dan perkembangan negara penerima, sesuai dengan undang-undang dan melaporkan kepada pemerintah negara pengirim.
  5. Memelihara hubungan persahabatan antara kedua negara. 
Nama Sekjen PBB yang Menyerahkan Irian ke Indonesia 

Jawab:

UThant 

Tokoh Aliran Individualisme 

Jawab:
  • John Locke
  • J.J. rosessau
  • Monstequie
  • Imanuel Kant
  • Voltaire
  • Max Stirner
  • Josiah Warren
  • Benjamin Tucker
  • John Henry Mackay
  • Fred Woodworth
  • dan lain-lain. 
Indonesia Bergabung dengan OPEC Sejak Tahun Berapa Sampai Dengan Berapa ?

Jawab:

Desember 1962–Mei 2008) 

Nama 5 Orang Pendiri OPEC?

Jawab:
  1. Arab Saudi, Syeikh Abdullah Tariki
  2. Iran,
  3. Irak,
  4. Kuwait,
  5. Venezuela, Perez alfonzo 
*tokoh lainnya ga ketemu 

Dwifungsi ABRI 

Jawab:

TNI memiliki dua tugas, yaitu pertama menjaga keamanan dan ketertiban negara dan kedua memegang kekuasaan dan mengatur negara. Dengan peran ganda ini, militer diizinkan untuk memegang posisi di dalam pemerintahan. 

Organisasi Dunia yang Menanggani tentang Kebudayaan?

Jawab:

UNESCO 

Tanggal terbentuknya Indische Partj?

Jawab:

25 Desember 1912 

Siapa pengibar bendera merah putih?

Jawab: 

Latief Hendradiningrat sebagai pengerek bendera, S Suhud sebagai pembentang bendera, dan S.K Trimurti sebagai pembawa bendera yang kini kita kenal sebagai baki. 

5 Negara Dewan Keamanan Tetap PBB? 

Jawab:

Amerika Serikat, Britania Raya(Inggris), Tiongkok(China), Perancis dan Rusia. 

Dewan Nasional dibentuk masa kabinet siapa? 

Jawab:

Kabinet Djuanda 

Hasil Kabinet Wilopo Apa? 

Jawab:

Program kerja kabint Wilopo:
  1. Mempersiapkan pemilihan umum
  2. Berusaha mengembalikan IrianBarat ke dalam pangkuan RI
  3. Meningkatkan keamanan dan kesejahteraan
  4. Memperbarui bidang pendidikan dan pengajaran
  5. Melaksanakan politik luar negeri bebas aktif 
Tujuan didirikannya ASEAN

Jawab:
  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial buaya di kawasan Asia Tenggara.
  2. Memajukan perdamaian dan stabilitas regional Asia Tenggara.
  3. Memajukan kerja sama dan saling membantu kepentingan bersama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Memajukan kerja sama di bidang pertanian, indusrti, perdagangan, pengangkutan, dan komunikasi.
  5. Memajukan penelitian bersama mengenai masalah-masalah di Asia Tenggara. 6.Memelihara kerja sama yang lebih erat dengan organisasi internasional dan regional.
Tujuan "utama" ASEAN? 

Jawab:

di bidang Ekonomi 

Kongres bahasa Indonesia I dan II kapan dan dimana 

Jawab:

Kongres Bahasa Indonesia adalah pertemuan rutin 5 tahunan yang diadakan oleh pemerintah dan praktisi bahasa dan sastra Indonesia untuk membahas Bahasa Indonesia dan perkembangannya.
  • Kongres Bahasa Indonesia I di Solo.
  • Kongres Bahasa Indonesia II di Medan, Sumatera Utara, 28 Oktober - 1 November 1954. 
  • Kongres Bahasa Indonesia III di Jakarta 
Nama Hotel Tempat Terjadi-nya Perobekan Bendera Belanda yang Dijadikan Bendera Merah Putih? 

Jawab:

Insiden Hotel Yamato adalah peristiwa perobekan bendera Belanda (Merah- Putih-Biru) menjadi bendera Indonesia (Merah-Putih) di Hotel Yamato Surabaya (sekarang Hotel Majapahit Surabaya) pada tanggal 10 November 1945 yang didahului oleh gagalnya perundingan antara Sudirman (residen Surabaya) dan Mr. W.V.Ch Ploegman untuk menurunkan bendera Belanda. 

Nama Perwakilan yang Dikirim Indonesia untuk Mengikuti Perundingan KMB? 

Jawab:

M. Hatta / Sultan Hamid 

Pasal Sebelum Amandemen tentang Presiden Membuat UU

Jawab:

Pasal 5 

Hukum Internasional yang Berasal dari Kebiasaan Internasional ?

Jawab:

Hukum Kebiasaan Internasional 

Konferensi Bogor Tahun Berapa dan Bahas tentang Apa? 

Jawab:

28-31 Des 1954 ttg membicarakan persiapan-persiapan terakhir pelaksanaan KAA.Indonesia mengundang peserta Konferensi Kolombo untuk menghadiri Konferensi Bogor, 

Kabinet Pancakarya 

Jawab:

1957-1959 - Kabinet Djuanda 

*Program kerja Kabinet Karya disebut Pancakarya yang meliputi:
  1. Membentuk Dewan Nasional
  2. Normalisasi keadaan RI
  3. Melanjutkan pembatalan KMB
  4. Memperjuangkan Irian Barat kembali ke RI
  5. Mempercepat pembangunan 
Pasal a ayat b di amandemen ke berapa? 

Jawab:

(Hafalin isi UUD, pasal-pasal brp aja yg diubah per amandemen) 

Penggagas KAA (ada 5)

Jawab:
  1. Ali Sastroamidjojo – Indonesia
  2. Mohammad Ali Bogra – Pakistan
  3. Jawaharlal Nehru – India
  4. John Kotelawala – Sri Lanka
  5. U Nu – Myanmar 
Ketua Perjoeangan Poetra 

Jawab:

Pusat Tenaga Rakyat atau Putera adalah organisasi yang dbentuk pemerintah Jepang di Indonesia pada 16 April 1943 dan dipimpin oleh Empat Serangkai,yaitu Ir.Soekarno M.Hatta, Ki Hajar Dewantoro dan K.H Mas Mansyur. 

Ketua Jawa Hokakai dalam Bahasa Jepang 

Jawab:

Pemimpin tertinggi perkumpulan ini adalah Gunseikan dan Soekarno menjadi penasihat utamanya. 

Pasal tentang Otonomi Daerah 

Jawab:

Pasal 18, 18A, 18B 

Ketua DI/TII Nasional 

Jawab:

S.M. Kartosuwiryo 

Butir-butir Sila kelima ?

Jawab:
  1. Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong.
  2. Bersikap adil.
  3. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  4. Menghormati hak-hak orang lain.
  5. Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
  6. Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain.
  7. Tidak bersifat boros.
  8. Tidak bergaya hidup mewah.
  9. Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.
  10. Suka bekerja keras.
  11. Menghargai hasil karya orang lain.
  12. Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial. 
Pasal 7C UUD 1945

Jawab:

Presiden tidak dapat membekukan dan/atau membubarkan DPR 

Bukti Nyata Pengamalan Pancasila pada Masa Orde Baru 

Jawab:

Pedomanan Pengahayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) pada tgl 12 April 1976 

Peran Jepang dalam Bidang Pertanian 

Jawab:

Diperkenalkan suatu sistem baru bagi pertanian yaitu line system (sistem pengaturan bercocok tanam secara efisien) yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan 

Kasimo Plan
  • Menanami tanah kosong (tidak terurus) di Sumatera Timur seluas 281.277 HA
  • Melakukan intensifikasi di Jawa dengan memperbanyak penanaman bibit unggul
  • Pencegahan penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan.
  • Di setiap desa dibentuk kebun-kebun bibit
  • Transmigrasi bagi 20 juta penduduk Pulau Jawa dipindahkan ke Sumatera dalam jangka waktu 10-15 tahun 
Pancasila Sebagai Nilai, 3 Nilai Menurut Notonegoro 

Jawab:
  1. Nilai material, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi unsur manusia.
  2. Nilai vital, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat mengadakan aktivitas.
  3. Nilai kerohanian, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi jiwa/rohani manusia. 
Nama Rapat ASEAN yang Dihadiri oleh Para Tuan Rumah 

Jawab:

KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) ASEAN (8 Agustus 1967). Sejak dibentuknya ASEAN telah berlangsung 14 kali KTT resmi, 4 KTT tidak resmi, dan 1 KTT Luar Biasa. 

Nama rapat ASEAN yang dihadiri menteri-menteri koordinasi

Jawab:

Standing comitte

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINONIM

Dalam tes verbal ini kemampuan dan kecakapan berbahasa baik penguasaan perbendaharaan kata, tata bahasa, maupun kemampuan memahami teks d...